TUGAS 9 APSI (Design Architecture)

Dalam konteks sistem informasi, desain arsitektur melibatkan pemodelan dan perencanaan struktur sistem informasi. Ini melibatkan identifikasi komponen-komponen utama, seperti basis data, antarmuka pengguna, server, jaringan, dan komponen lainnya, serta menentukan hubungan dan interaksi antara komponen-komponen tersebut.

Desain arsitektur sistem informasi penting untuk menciptakan landasan yang kuat bagi pengembangan sistem yang sukses. Ini membantu memastikan bahwa sistem informasi dapat beroperasi secara efisien, dapat diandalkan, dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna serta tujuan bisnis yang ditetapkan.

Studi Kasus : myITS Portal

myITS portal didesain guna memberikan akses terpadu bagi mahasiswa ITS ke berbagai layanan dan informasi. Desain arsitektur yang digunakan adalah client-server. Client pada model desain ini akan berinteraksi dengan server guna mendapatkan layanan terhadap sumber daya yang disediakan.

Komponen Software

Komponen Software dalam myITS portal sangatlah beragam. Fungsinya sendiri sebagai penyedia informasi dan bank data mengharuskan penerapan sistem manajemen basis data (DBMS) di dalamnya. Di sisi lain, penanganan akses data dari database ke pengguna menggunakan pengambilan dan pemrosesan data untuk menampilkan informasi pada pengguna.

Komponen Hardware

Dalam pengaksesan myITS Portal yang berbasis web, tentunya dibutuhkan perangkat seperti client computer, dan juga server. Server adalah perangkat keras yang menyimpan dan mengelola aplikasi portal kuliah serta database. Server menerima permintaan dari klien, memprosesnya, dan mengirimkan hasilnya kepada client.

Selain server dan client, komponen lain yg tak kalah pentingnya adalah jaringan. Jaringan melibatkan infrastruktur yang menghubungkan klien, server, dan database, termasuk perangkat jaringan dan koneksi internet yang stabil.

Desain Arsitektur

Portal kuliah seperti portal.its.ac.id umumnya mengadopsi arsitektur client-server,  Logika presentasi digunakan oleh klien untuk menampilkan informasi yang diterima.

MyITS Portal menggunakan desain arsitektur 'Client-Server' yang memungkinkan interaksi antara user seperti mahasiswa, dosen, dan civitas akademik lainnya dengan server yang menjalankan berbagai aplikasi dan sistem informasi yang berbeda. Dalam desain ini, user dapat merasakan pengalaman user yang efisien dan responsif. Impementasinya berupa klien mengirim permintaan ke server melalui jaringan, dan server merespons dengan mengambil data dari database dan mengirimkannya kembali kepada klien.

Desain arsitektur server-client seperti ini juga meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan pusat data. Semua data yang relevan dapat disimpan dan dikelola secara lebih efektif. 

Skalabilitas juga menjadi pertimbagan dalam desain ini. Kemungkinan bahwa server dapat ditingkatkan menggunakan hardware yang lebih kuat guna menghandle peningkatan jumlah user yang meledak. Desain client-server memastikan bahwa server dapat dikonfigurasi dan ditingkatkan sesuai kebutuhan.

Selain itu, kemanan dari arsitektur client-server ini memungkinan untuk peningkatan keamanan yang tinggi. Dengan penggunanan server sebagai pusat manajemen dan kontrol, kebijakan keamanan dapat diterapkan secara teratur pada server. Ini dapat termasuk otorisasi, autentikasi, enkripsi data, dan perlindungan terhadap serangan seperti serangan DDoS.

Dalam desain client-server, banyak client dapat menggunakan sumber daya yang sama pada server, yang menghasilkan penggunaan resource yang lebih efisien, dan mengurangi duplikasi data atau fungsionalitas pada sisi client.



https://portal.its.ac.id

https://fajarbaskoro.blogspot.com/2023/05/apsi-8-desain-arsitektur-aplikasi.html


Komentar

Postingan Populer